Sabtu, 27 November 2010

KISAH PENGHULU KITA ,NABI MUHAMMAD

KISAH PENGHULU KITA ,NABI MUHAMMAD
Beliau adalah utusan Allah kepada seluruhmanusia. Penutup Nabi-Nabi dan Imam bagi Rasul-Rasul. Beliau membawa agama Islam yang Allah tidak akan terima selain dari padanya di Hari Qiamat. Beliau adalah keturunan bangsa Quraisy, yaitu satu puak yang termulia di Makkah. Nasab beliau bersambung sengan Nabi Ismail bin Ibrahim. Ayah beliau Abdullah bin Abdil Muthalib bin Hasyim bin Manaf bin Qushaiy bin Kilaab, ibu Beliau Aminah binti Wahab bin Abdi Manaf bin Zuhrah bin Kilaab. Nasab ibu dan ayanh beliau bertemu di datuk beliau yang kelima, yaitu Kilaab. Ayah Nabi meninggal dunia sedang beliau dalam kandungan ibunya umur ayah beliau 18 tahun, di tanam di Madinah serta tidak meninggalkan sedikitpun harta untuk Nabi s.a.w
Nabi dilahirkan di Makkah pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ul Awwal, tahun Gajah. Dinamakan tahun Gajah karena raja Habasyah mengirim balatentara ke Makkah dalam tahun kelahiran beliau itu, untuk membinasakan Ka’bah dan dalam pasukan itu ada banyak gajah. Lalu Allah membinasakan pasukan tentara itu sebagai suatu penghormatan kepada kelahiran Nabi s.a.w. Beliau disusui oleh Tsuwaibah Al-Aslamiyah, sesudah penyusuan ibu beliau. Ibu Nabi meninggal dunia ketika Nabi berumur enam tahun, tatkala ia kembali dari Madinah. Ibu beliau pergi ke Madinah itu untuk ziarah kubur bapa Nabi bersama ibu beliau itu, Turutlah datuknya yaitu Abdul Muththalib. Ibu Nabi di kubur di Abwaa, suatu desa antara Makkah dan Madinah. Lalu Nabi dipelihara oleh Ummu Aiman, seorang pelayan ayah beliau.
Yang mengurus pendidikan NABIsesudah ibunya meninggal dunia, ialah datuknya yang bernama Abdul Muththalib . Abdul Muththalib cinta kepada Nabi lebih dari pada cintanay kepada anak-anaknya sendiri. Ketika umur Nabi delapan tahun, meninggal datuknay sesudah ia menanggung pemeliharaann Nabi selama dua tahun. Sesudah datuk Nabi meninggal dunia pemeliharaan terhadap Nabi ditanggung oleh pamannya, yang bernama Abu Thalib.
Nabi ketika kecil suka mengembala kambing orang-orang Makkah dengan suatu upahan yang beliau bias hidup dengannya. Tatkala sampai umur Sembilan tahun , Nabi berlayar ke Syam bersama paman beliau yang bernama Abu Thalib, dengan membawa dagangan. Tatkala sampai disuatu tempat yang bernama Bushra, seorang pendeta bernama Buhaira melihat Nabi lalu pendeta ini member tahu kepada pamannya, bahwa beliau akan menjadi Nabi yang terakhir dari antara nabi-nabi. Pendeta itu meminta kepada pamannya supaya ia pulang membawa Nabi, karena takut kepada musuh yang menanti-nanti beliau. Pendeta itu menetapkan kenabian Nabi Muhammad itu dari alamat-alamat yang tersebut dalam kitab-kitab ahli Kitab.
Ketika berumur 25 tahun Nabi berlayar kedua kalinya kenegeri Syam, membawa dagangan Siti Khadijah, Siti Khadijah adalah seorang perempuan yang mulia lagi berharta ia mengupah orang laki-laki dalam menjalankan hartanya. Khadijah memilih Nabi untuk pekerjaan itu karena ia pernah mendengar tentang kebenaran Nabi tentang amanat-amanatnya dan tyentang akhlaq beliau yang mulia. Pelayan Khadijah bernama Maisarah ikut bersama Nabi Kedua-duanya berjualan dan kembali denagn membawa keuntungan yang besar.
Sesudah 2 bulan sekembali Nabi dari pelayarannya yang kedua kali, lalu Nabi menikah denagn Siti Khadijah dan Siti Khadijahlah yang meminang Nabi. Diwaktu itu Khadijah berumur 40 tahun, sedangkan Nabi 25 tahun, sebelum menikahdenagn Nabi Khadijah pernah menikah dengan Abi Halalah. Suaminya ini meninggal dunia dan meninggalkan seorang anak laki-laki bernama Halah. Ia menjadi isteri Rasulullah selama 25 tahun dan tudak pernah Nabi menikahi yang lain daripadanya sehingga Siti Khadijah wafat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar